Hebat!! Baterai Panasonic Pakai Silikon Kapasitas 4Ah

.


Berita soal Panasonic Corp akan mulai memproduksi baterai Li-ion yang dapat di-recharge dengan menggunakan sebuah anode silicon (Si) logal campuran di tahun 2012. Baterai Panasonic tersebut rencananya akan digunakan untuk PC notebook. Baterai yang berukuran diameter 18mm dan panjang 65mm (ukuran 18650), mampu menawarkan kapasitas 4.0Ah, yang menjadi kapasitas baterai terbesar untuk saat ini. Mengingat saat ini, kapasitas terbesar baterai hanya sekitar 3.1Ah, sehingga desain baterai Panasonic ini merepresentasikan improvisasi hingga 30 persen. Baterai Panasonic tersebut memiliki bobot 54g per cell-nya.

Anode Si memiliki teori kapasitas setidaknya 10 kali lebih besar yang digunakan di kebanyakan anode.  Anode Si memberikan kemungkinan untuk dapat mengurangi volume standard baterai pack notebook hingga setengahnya. Sejumlah peneliti mengalami kesulitan ketika mengembangkan anode Si karena perubahan volume yang besar hingga 400 persen selama charge dan setelah di-charge. Hal ini dapat membuat struktur elektroda menjadi collapse, dan mengganggu daya tahan baterai.

Untuk itu, Panasonic telah membuat modifikasi guna mengurangi keadaan yang buruk yang disebabkan oleh perubahan volumetric baterai. Panasonic mengklaim bahwa bahkan setelah mengalami 500 charge dan discharge, sebanyak 80 persen kapasitas baterai masih bisa dipertahankan.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Salatiga Cyber City is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com