Membuat USB Power Injector dengan Auto Power-ON

.

Pada rangkaian ini dilengkapi dengan Automatic PSU Controller sehingga Device (Wi-fi/Modem) akan otomatis menyala begitu Jack USB Power Injektor ditancapkan ke Soket USB CPU.

Di sini saya buat 2 model rangkaian, yang pertama menggunakan MOSFET dan kedua menggunakan Transistor Bipolar biasa. Sengaja saya buat 2 rangkaian supaya bagi yang ingin membuat USB Power Injector ini dan mengalami kesulitan memperoleh komponen MOSFET dapat membuat rangkaian alternatif dengan komponen Transistor Bipolar yang lebih mudah diperoleh di pasaran. Berikut Pengembangan Blok Diagram Rangkaian USB Power Injektor.



Rangkaian Automatic PSU Controller diletakkan di bawah menjadi satu Box dengan Adaptornya sehingga Anda yang sudah membuat USB Power Injector versi sebelumnya tidak perlu merubah rangkaian Stabilisator di bagian atas. Selain itu dengan sistem seperti itu tidak perlu kabel tambahan ke atas tetapi cukup menggunakan kabel UTP yang sudah ada sebelumnya.

Rangkaian Automatic PSU Controller untuk USB Power Injektor versi MOSFET :



Rangkaian Automatic PSU Controller untuk USB Power Injektor untuk versi Transistor Bipolar :










Berikut Data Komponen MOSFET dan Transistor beserta Simbol dan Susunan Kakinya :










Susunan kaki komponen tersebut merupakan susunan baku dari Data Sheet-nya. Khusus untuk susunan kaki Transistor C1815, PN100, S8050 dan 2N3904 sebaiknya Anda cek ulang menggunakan AVO karena kadang-kadang susunan kakinya tidak sama dengan pada Data Sheet.

Dengan rangkaian tambahan tersebut Device (Wi-fi/Modem) akan menyala/hidup secara otomatis saat Jack USB Power Injector ditancapkan ke soket USB CPU dan Device akan otomatis mati saat Jack dilepas sehingga Anda tidak perlu menghidupkan Device secara manual. Begitu juga saat CPU mati otomatis Device akan mati dan begitu pula sebaliknya saat CPU dihidupkan.

Demikian mudah-mudahan Pengembangan dari USB Power Injector ini bermanfaat….

2 komentar:

kamun78 mengatakan...

Gambare kebesaren.. susah diliat...~x( 8-}
:))

Simple Aja mengatakan...

Perpanjangan kabel untuk USB itu tidak cuma sekedar menyamakan tegangan diujung-ujung kabel. Terutama bila kabel yang digunakan panjang sekali. Ada transmisi data juga pada pin D+ dan D- yang dihantarkan dalam bentuk impulse tegangan (berupa gelombang kotak).

Silahkan simak artikel saya mengenai USB di blog simple-aja.
Ada tiga bagian artikel terpisah, mengenai standar USB dan spesifikasinya, mengenai perpanjangan kabel ekstender USB dan penguatan arus, mengenai rangkaian penguatan signal D+ dan D- dari port USB, perlu kesabaran ekstra dalam membaca karena tulisan cukup detil dan panjang.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Salatiga Cyber City is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com